DARI PUNCAK ILE LEWOTOLOK UNTUK INDONESIA
(Aku dedikasikan tulisan ini untuk mengenang kematian Soe Hok Gie dan Idhan Lubis
Yang meninggal di pelukan Mahameru 16-12-1969)

“Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengan alam”
– Soe Hok Gie –

Pemandangan ke arah Laut Flores dari Hutan Pinus

Pada suatu pagi di bulan September, ketika saya kembali ke kampung halaman saya yakni kampung Waowala, saya mengajak beberapa anak muda untuk trekking ke puncak Ile Lewotolok. Ile Lewotolok merupakan Gunung api aktif yang terletak di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, oh ya kalau kalian pernah mendengar festifal 3 gunung di Lembata maka Ile Lewotolok merupakan salah satunya. Gunung tertinggi kedua di Pulau Lembata ini memiliki tinggi 1.450 Mdpl dan sangat memanjakan mata ketika sudah berada di puncaknya, sejuta pesona yang tak tergambarkan, bahakan Fiona Callaghan, Girindra Kara dan Revi Ekta merupakan deretan artis cantik yang pernah ada di puncak Ile Lewotolok
Pukul 08.00 kami meninggalkan kampung Waowala menelusuri jalan setapak yang biasa dilewati masyarakat menuju ke kebun yang ada di sekitar lereng Gunung Ile Lewotolok, maklum waktu itu jalan besar yang bisa di lewati oleh kendaraan roda dua maupun empat belum di buka seperti sekarang. Berbekal seadanya, beberapa bungkus mie instan, air minum secukupnya dan senter untuk penerangan, karena untuk menuju ke puncak menikmati sunrise kami harus nge-camp dulu, sebenarnya nge-camp yang saya maksudkan di sini adalah tidur beratapkan langit terbuka maklum pendakian kami waktu itu seadanya saja. Untuk teman-teman yang ingin mendaki sebaiknya jangan di tiru ya, lengkapi bekal kalian sebaik mungkin, membawa tenda itu penting karena bisa istirahat secukupnya agar staminamu tidak habis sebelum waktunya.
Tepat pukul 12.30 kami tiba di Nari, ini merupakan tempat istirahat kami yang pertama disini kami memilih istirahat sambil menikmati segarnya air kelapa muda, oh ya untuk teman-teman yang ingin mendaki sebaiknya membawa pemandu dari anak muda Waowala, selain sudah mengenal medan kalian juga bisa menikmati kelapa muda di Nari karena di sini ada kebun kelapa milik orang Waowala. Kami melanjutkan perjalanan sambil sesekali beristirahat, selama perjalanan di sisi kiri kanan sudah terlihat pemandangan yang menakjubkan di selingi bunyi burung – burung hutan yang begitu merdu. Ketika memasuki hutan pinus jalanan semakin menanjak, yah namanya juga mendaki gunung pasti menanjak kan teman-teman? Hehheh..., di tengah hutan pinus ini kabut turun menutupi jarak pandang kami, kami terus bergerak pelan sambil mengingatkan satu dengan yang lainnya untuk hati-hati, kami sudah sepakat untuk bermalam di padang sabana stelah melewati hutan pinus.

Hutan Pinus menuju puncak Ile Lewotolok. Doc. Safry Lamataro
Tepat pukul 16.00 kami tiba di padang sabana, puncak masi cukup jauh karena kami sudah sepakat untuk bermalam di sini maka kami mulai membersihkan area di sekitar jalan untuk bermalam. Pukul 20.00 kami sarapan seadanya hawa begitu dingin menusuk kulit, dengan beralaskan jeket kami tidur dibawah tenda langit. Langit cerah, alam begitu bersahabat dengan kami, tidur sambil melihat jutaan bintang di langit itu istimewa, damai dan tentram. Untuk di ketahui teman-teman dataran sabana ini adalah tempat pemukiman suku Lamataro dan suku Ladopurap dahulu kala sebelum bermigrasi ke bawah kaki gunung Ile Lewotolok. Lubang dekat puncak yang oleh orang Waowala menamainya metong lamataro merupakan kepercayaan masyarakat setempat kalau ke dua suku ini muncul dari sini. Ada beberapa nuba (tempat sakral biasanya kepala suku memberi sesajen dalam ritual tertentu) di sekitar tempat ini. Alangkah baiknya meminta izin terlebih dahulu ketika mendirikan tenda, bersahabatlah dengan alam dan penghuni sekitarnya maka akan baik-baik saja. Saya percaya bahwa leluhur tidak akan marah ketika kita juga tidak merusak lingkungannya, bahakan sebaliknya ia senantiasa menjaga kita. Menikmati pesona alam sepuasnya dan jangan tinggalkan apapun selain bekas kaki. Apabila teman –teman tidak sanggup membawa barang-barang maupun sampah yang kalian hasilkan sebaiknya hubungi anak muda Waowala sebagai porter juga sebagai guide lokal yang menemani perjalanan teman-teman.
Pukul 03.00 dini hari kami melanjutkan perjalanan, tak lupa kami mengopi sebentar sekedar menghangatkan tubuh dan siap melanjutkan perjalanan, tanjakan terakhir menuju puncak tidak terlalu sulit, berbeda dengan Gunung Fatuleu di Kabupaten Kupang yang pernah saya daki, Gunung batu ini memeliki jalan yang ekstrim dan berbahaya merngkak di atas bebatuan sungguh bukan hal yang mudah, meski gunung ini hanya memiliki ketinggian 1100 Mdpl. Kami terus bergerak dengan penerangan seadanya menelusuri trek dengan medan batu kerikil yang cukup berbahaya. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya mendaki puncak Ile Lewotolok, sebagai anak kampung yang tinggal di bawa kaki gunung, saya sudah beberapa kali tapi itu dulu masih SMP dan SMA hingga tak ada satupun moment yang diabadikan.

Lautan Pasir "Bromonya Lembata" yang begitu mempesona

Puncak Ile Lewotolok, tepat pukul 05.00 pagi, setelah dua jam perjalanan segala capek, lelah perjalanan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Laut Flores yang biru dibawa sana, Gunung Ile Boleng yang berdiri kokoh di ufuk barat di selimuti awan-awan tipis dan seluruh kota Lewoleba terlihat jelas dari puncak ini. Sujud syukur tak lupa saya panjatkan doa atas ciptaan Tuhan yang begitu mempesona ini, saya merasa diriku begitu kecil di atas puncak ini saya tidak menepuk dada bahwa saya menaklukannya, kata itu sebenarnya tidak tepat bagi saya justru saya merasa bahwa di atas langit masih ada langit, bahwa yang namanya puncak butuh pengorbanan yang tidak sedikit, bahwa di atas puncak membuatku mengenal Indonesia lebih dekat.
Puncak Ile Lewotolok atau orang biasanya menyebut “Bromonya Lembata” karena terdapat kaldera yang begituh luas dengan lautan pasirnya, disisi kanan terdapat lubang tempat keluarnya asap belerang menandakan kalau Gunung Ile Lewotolok merupakan Gunung api aktif, untuk itu teman-teman sebaiknya jangan berlama-lama diatas puncak cukup sampai menikmati sunrise sebab semakin siang bisa saja asap beracun ini mengitari kaledra dan area sekitar puncak. Pukul 08.00 kami harus pulang, ingat jangan meninggalkan apapun selain bekas kaki, cintailah lingkungan anda bukan hanya di puncak gunung saja melainkan disetiap tempat wisata manapun yang teman-teman kunjungi. Menurun tak kalah beratnya dengan mendaki berbeda dengan trek Mahameru yang berpasir dan Fatuleu yang mesti merangkak diatas bebatuan meski tak terlalu curam namun kondisi trek berkerikil maka perlu ekstra hati-hati. Selamat tinggal puncak Ile Ape, sampai jumpa dilain kesempatan sebab puncak bukan segalanya melainkan tiba di rumah dengan selamat adalah kenikmatan perjalanan yang sesungguhnya.

Gerbang masuk menuju puncak Ile Lewotolok dari kampung Waowala
Sebagai informasi tambahan untuk teman-teman sekalian bahwa jalur pendakian menuju puncak Ile Lewotolok bisa dilalui dari beberapa tempat namun jalur yang bisa dilewati dengan kendaraan roda dua maupun roda empat hanya melewati  kampung Waowala. Untuk saat ini pemerintah telah membuka akses jalan hingga mendekati hutan Pinus meski jalan tak mulus namun bisa menghemat tenaga. Sekali lagi apabila teman-teman butuh pemandu hubungi saja Karang Taruna kampung Waowala, mereka bisa saja jadi guide maupun portir menemani perjalanan teman-teman, oh ya untuk harga bisa di kompromi wkwkwkwkkwk.